Tentang Kami

Terlepas dari perbedaan pengertian tentangnya, budaya yang kami pahami bukanlah artefak atau benda mati yang diwariskan. Tapi ia adalah sesuatu yang hidup dalam jiwa dan terus bergerak, berubah, dari masa ke masa.

Seperti energi, budaya tidak bisa dihilangkan, ia hanya berubah dan mengambil bentuk yang sesuai dengan kehidupan manusianya. Budaya selalu mengambil posisi yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Kami tidak sepakat dengan strategi ketertutupan budaya maupun identitasnya, termasuk budaya lokal di daerah. Karena ketertutupan adalah siasat bunuh diri.

Bagi kami, yang dibutuhkan bangsa ini sekarang bukan mati-matian membela identitas budaya sendiri dan merendahkan yang berbeda, melainkan kemampuan mengeksplorasi nilai-nilai istimewa yang bersembunyi di dalam khazanah kebudayaan serta memaparkannya secara memikat kepada generasi masa depan.

Sejalan dengan prinsip dalam kearifan lokal atau local genius orang-orang Nusantara  yakni ‘menerima budaya baru tanpa menolak yang lama’. Segala ajaran apapun akan diterima dengan baik oleh orang-orang Nusantara dan lambat laun ajaran tersebut menjadi miliknya, tak sama lagi dengan ajaran dari daerah asalnya.

Kami dari BudayaCirebon.id ingin terus membagikan semangat-semangat dari prinsip kearifan lokal tersebut dari sudut kecil bernama Cirebon. Dengan segala kekayaan budayanya, kami mengharapkan banyak budaya lokal yang diangkat sehingga interaksi antara yang-lokal dengan yang-datang-kemudian menjadi seimbang dan tidak menghegemoni antara satu dengan yang lain.

Interaksi budaya yang resiprokal kami harapkan akan menghasilkan energi positif, menciptakan peradaban baru yang mampu mengatasi perbedaan-perbedaan di Nusantara.

Salam,

Budaya Cirebon untuk Indonesia (BudayaCirebon.ID)